Aspirasi Anggota DPR RI Bunda Julie  Laiskodat, Dinas Pertanian Lembata Serahkan Alsintan Untuk Kelompok Tani

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan). Bantuan ini merupakan aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI  Fraksi Partai NasDem Bunda Julie Sutrisno Laiskodat. Bantuan ini berupa satu unit traktor roda empat, empat unit hand traktor, dan 11 unit hand sprayer.

Penyerahan bantuan alsintan ini merupakan aspirasi dari anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat  diserahkan di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Selasa (13/9/2022).

Hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan alsintan, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kanisius Tuaq, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Mosa Langobelen, Bendahara NasDem Lembata Hiero Bokilia, dan sejumlah pengurus Partai NasDem.

Penyerahan bantuan alsintan ini dilakukan secara simbolis dan diwakili lima pengurus kelompok tani penerima bantuan alsintan. Penyerahan dilakukan langsung kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq, oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Mosa Langobelen mewakili Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dan jajaran pengurus NasDem.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lembata Hendrik Mosa Langobelen pada kesempatan itu mengatakan, hari ini merupakan suatu kebanggaan untuk semua. Kepada semua yang hadir Hendrik Mosa meminta, untuk melihat baliho yang terpaampang di depan yakni,  terlihat anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem Bunda Julie Sutrisno Laiskodat.  yang adalah anggota Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan. 

Dikatakanya bahwa setiap tahun dinas Pertanian akan mendapatkan bantuan dari aspirasi dan ini bantuan Negara tapi ini adalah bentuk perjuangan Bunda Julie Sutrisno Laiskodat dari Partai NasDem,” kata Hendrik Mosa Langobelen.

Kepada para pengurus kelompok Hendrik Mosa berharap agar penerima bantuan, bisa melihat dan mengingat perjuangan Bunda Julie Laiskodat. 

Lanjut Mosa Pada tanggal 9 September 2022 kemarin Bunda Julie Laiskodat datang mendpingi bapak Gubernur membuka Perhelatan El Tari Memorial Cup di lapangan Gelora 99 Desa pada Kecamatan Nubatukan. bunda Julie berpesan kepada saya dan teman-teman pengurus partai NasDem untuk segera berkoordinasi dengan dinas Pertanian menyerakan bantuan, sehingga hari ini kita bisa diserahkan langsung,” jelas Hendrik.

Ia berharap, setelah menerima alat pertanian ini maka di tahun 2023 mendatang  hasil panen para petani di kabupaten Lembata harus meningkat. Jika tahun ini hasil panen 500 kilogram, maka tahun depan harus meningkat menjadi 5 ton,”ujar Hendrik Mosa

 Terkait dengan bantuan Peralatan ini Hendrik Mosa berharap agar harus dipelihara dengan baik.  Memang biayah pemeliharaan peralatan ini cukup mahal dan kita juga sudah sampaikan pak kadis bahwa untuk ban belakang saja harganya sekitar Rp 8 juta. Sehingga diharapkan agar petani bisa memanfaakan bantuan peralatanan ini dengan baik, ” jangan setelah Dinas serahkan lalu datang mengeluh ban pecah,”sebut Hendrik Mosa.

Hendrik Mosa juga  mengimbau agr setelah menerima bantuan ini para petani harus bisa menggunakan peralatan tani ini dengan baik, jangan lagi diparkir begitu saja.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata Kanisius Tuaq mengatakan, ada poin yang disampaikan  dari bapak Ketua DPD Partai NasDem yakni, pertama kita semua harus mengucap terimah kasih banyak kepada Bunda Julie Laiskodat. Kanis Tuaq juga mengajak para petani untuk lebih mengenal Ibu Julie, kedua saya mengajak kita semua untuk bisa merawat semua alat ini sebaik-baiknya dan yang ketiga kita juga harus bisa mengenal semua pengurus di kecamatan dan tingkat desa.

Dikatakanya bahwa pihak pemerintah dalam hal ini dinas Pertanian kabupaten Lembata menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan dan dukungan dari Partai Nasdem dalam rangka mendukung pertanian di Lembata dan Nasional pada umumnya.

Lanjutnya dalam kunjungan Gubernur NTT ke Lembata, sudah disampaikan juga bahwa ditahun 2023 kita akan mengalami krisis pangan. Dari sekian Negara akan mengalami kesulitan pangan dan kelaparan. Untuk itu masyarakat  Indonesia harus bisa menjaga ketahanan pangan sendiri  termasuk di kabupaten Lembata,”Saya sepakat dengan kata Pak Hendrik kalau tahun ini dapat 500 kilogram tahun depan harus 5 ton,” kata Kanis Tuaq.

Dalam laporan data kanis Mengatakan Terkait ketahanan pangan di kabupaten Lembata, posisi kurangnya hanya beras saja. Untuk Ketahanan protein seperti telur ayam dan lainnya itu cukup untuk makan. Oleh karena itu kita harus jaga dan ditingkatkan lagi.

Kanis Tuaq berharap agara masyarakat petani harus bisa “Jaga ini barang baik-baik. 

Kita berharap kedepan kalau bapak Jokowi berhenti 2023, Ibu Julie Laiskodat harus didukung terus dan kalau Presiden baru nanti mempunyai kebijakan yang sama ,” tapi kalau alsintan tidak diberikan lagi ke petani maka yang ada sudah harus dijaga dengan baik,” harapnya.

Secara teknis, lanjut Kanis, dalam pemanfaatan alsintan terutama traktor roda empat agar diperhatikan secara baik. Lahan yang dibajak dibersihkan benar dari benda tajam, seperti kayu dan batu.

Kepada Penerima bantuan traktor,  saya berharap agar tidak saja memanfaatkan untuk keperluan kelompok, tetapi juga bisa melayani masyarakat lain baik di dalam desa maupun di luar kecamatan.

Ketua Kelompok Banting Tulang Desa Peusawa, Kecamatan Omesuri Lukas Lake penerima bantuan ini mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Partai NasDem yang selalu memperhatikan masyarakat petani,”Kami berterima kasih kepada Ibu Julie Sutrisno Laiskodat yang sudah memberi kami bantuan ini. Terima kasih juga Pak Hiero Bokilia yang sudah membantu memperpanjang tangan Ibu Julie sehingga kelompok kami yang jauh di kampung bisa mendapatkan perhatian lewat bantuan traktor roda empat ini,” kata Lukas Lake.

Ia berjanji akan memanfaatkan bantuan ini dengan baik untuk menjawab harapan Dinas Pertanian yakni meningkatkan produksi pertanian.(Gusty/Chelle)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *