Balutan Budaya Flobamorata Dalam Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi NTT

Bertempat di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT pada Rabu (17/08/2022), dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Upacara ini berlangsung hikmat dengan balutan nuansa budaya Nusa Tenggara Timur dengan setiap tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dari seluruh 22 kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Timur.

Upacara tersebut dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara, turut hadir Wakil Gubernur NTTJosef A. Nae Soi, Sekretaris Daerah Provinsi NTT Domu Warandoy, Jajaran Forkopimda, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, serta para peserta upacara yang terdiri dari Gabungan TNI / POLRI, Aparatur Sipil Negara, dan para pelajar perwakilan SD, SMP dan SMA dan juga para awak media.

Bertindak sebagai Komandan Upacara yaknu Letnan Kolonel Arhanud Kiki Aji Wiriawan S.Sos. (Komandan Batalyon Arhanud 9/Angkasa Widya Jayanta). Sementara itu untuk pasukan Paskibraka yang bertindak sebagai Komandan Paskibraka yakni Ipda Quin Tuhu Leruw (Kanit 1 Subden 3 Detasemen Gegana Brimob POLDA NTT), Komandan Peleton 17 yakni Dimas Umbu Leti (Siswa Kelas XI Madrasah Aljihat Mamboro Sumba Tengah), Pembawa Baki oleh Natasya Olivia Bessie (Siswa Kelas XI SMA Kristen Citra Bangsa Kota Kupang), dan Pengibar diantaranya Victorianus Kevin Radho (Siswa Kelas XI SMKS St. Isidorus Boawae Nagekeo), Ababil Salaman (Siswa Kelas XI SMA Negeri Wolowaru Ende) dan Yehezkiel Argian (Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong Manggarai).

Upacara dimulai tepat pukuk 08.00 WITA dengan urutan pelaksanaannya yakni Komandan Upacara Memasuki Lapangan Upacara, Inspektur Upacara tiba di mimbar upacara, Penghormatan Pasukan, Laporan Komandan Upacara, Peringatan detik-detik proklamasi, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi NTT, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Doa oleh Kepala Kanwil Agama Provinsi NTT, Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka, Persembahan lagu-lagu perjuangan oleh Korpri Provinsi NTT, Andhika Bhayangkari, Laporan Komandan Upacara, Penghormatan Pasukan, Inspektur Upacara meninggalkan mimbar upacar dam diakhiri dengan pasukan diistirahatkan.

Usai upacara juga dilakukan penyerahan Kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan kepada 10 Kelompok Peternak Sapi di Wilayah Kabupaten Kupang dengan total pembiayaan Rp 3.000.000.000 (tiga miliar rupiah) dengan jumlah ternak yang dibiayai sebanyak 300 ternak sapi dan akan terus berlanjut untuk kabupaten lainnya. Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan ini diberikan kepada perwakilan 10 orang dari Kelompok Wanita Tani Hijau Makmur Desa Fatukanutu Kabupaten Kupang yang diserahkan langsung oleh Gubernur Dan Wakil Gubernur NTT.

Untuk diketahui, Penyerahan Kredit Mikro Merdeka Pengembangan Sektor Peternakan merupakan suatu kolaborasi luar biasa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTT, Bank NTT dan seluruh pihak stakeholders yang terlibat dalam upaya menumbuhkembangkan usaha peternakan, meningkatkan populasi dan produktifitas ternak sapi di Provinsi NTT.

Setelah penyerahan kredit mikro merdeka tersebut, juga dilangsungkan atraksi para atlet berprestasi dari cabang plahraga taekwondo, tinju, pencak silat, karate, dan kempo. Juga penampilan tarian jai bersama juga tarian kreasi ofa langga, tebe, dero dan bonet.(Gusty Muda/Hms)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *