Pelantikan Badan Pengurus KONI Kabupaten Malaka

Bertempat di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT pada Rabu (24/08/2022) dilaksanakan Pelantikan Badan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Malaka Masa Bakti 2022-2026. Badan Pengurus KONI Kabupaten Malaka tersebut dilantik langsung oleh Ketua Umum KONI Provinsi NTT yang juga merupakan Wakil Gubernur NTT Drs. Josef Adreanus Nae Soi MM.

Untuk diketahui jajaran Badan Pengurus KONI Malaka Masa Bakti 2022-2026 yang telah dilantik diantaranya Ketua KONI Kabupaten Malaka : Dr. Simon Nahak SH.,MH, Wakil Ketua I : Drs. Yoseph Pareira, Wakil Ketua II : Carlos Monis SH, Wakil Ketua III : Drs. Albertus Bria, Sekretaris Umum : Silvester Leto SH.,MH, Bendahara : Agustinus Remigius Leki, S.Kom serta jajaran pengurus bidang lainnya.

Ketua Umum KONI Provinsi NTT yang juga merupakan Wakil Gubernur NTT Drs. Josef A. Nae Soi MM dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi jajaran yang dilantik serta meminta untuk memperkuat sinergitas. “Selamat dan sukses kepada Ketua KONI Kabupaten Malaka beserta jajaran yang sudah resmi di lantik pada hari ini, mari kita bekerja sama membangun relasi yang baik dan saling bahu membahu mewujudkan kesuksesan bidang olahraga di NTT dengan dukungan juga dari seluruh masyarakat NTT,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengharapkan dukungan untuk mewujudkan NTT dan NTB sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XXII Tahun 2028. “Kita mohon dukungan dan sudah hampir dipastikan NTT dan NTB yang akan menjadi tuan rumah. Kita tunggu kepastiannya saja tanggal 13 September. Kita akan laksanakan beberapa cabang olahraga dengan venue di beberapa kabupaten. Misalnya untuk stadion sepakbola yang saya lihat cukup baik itu di Kabupaten Malaka dan Kabupaten Ende dan juga Kota Kupang yang dalam proses renovasi,” katanya.

“Kita ingin sekali pelaksanaan PON di NTT karena juga akan membawa dampak positif untuk kemajuan ekonomi. Contohkan saja dari Papua, sebelum pelaksanaan PON itu pertumbuhan ekonomi mereka berada di angka 3,8 %. Setelah PON angka pertumbuhan ekonomi melejit jadi 16,8 %. Ini artinya olahraga juga bermanfaat untuk ekonomi daerah. Ini juga sesuai amanat UU Nomor 11 tahun 2022 mengatakan bahwa Olahraga menjadi industri untuk menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

“Sebagai tuan rumah kita harus mempersiapkan semuanya dengan baik dengan akomodasi dan desain manajemen yang baik untuk bisa mensukseskan even tersebut. Saya percaya bahwa kita bisa dan harus bisa menjadi tuan rumah terbaik tahun 2028 nanti’’, tegasnya.

Ia menambahkan, KONI NTT juha akan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi pada bulan oktober untuk juga persiapan Pra PON.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Malaka Dr. Simon Nahak, SH.,MH dalam sambutannya mengatakan KONI Malaka sangat berterima kasih kepada Ketua KONI NTT yang sudah melantik jajaran pengurus KONI Malaka.

“Terima kasih atas pelantikan hari ini oleh Ketua KONI NTT dan dengan terbentuknya KONI Malaka ini kami akan segera laksanakan rapat kerja daerah untuk persiapan perencanaan olahraga Kabupaten Malaka. Yang pastinya kami akan siapkan dengan baik keikutsertaan kami dalam Kompetisi Sepakbola ETMC di Lembata. Juga pada Nobember kami rencanakan untuk selenggarakan even tinju internasional,” ujarnya.(Gusty Muda/Hms)

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *