Menkominfo, Jhoni G. Plate (ketiga dari Kanan), berpose bersama Wakil Gubernur NTT, Yosef Nae dan Bupati serta Wabub Flotim, saat meresmikan Internet di Puskesmas Wolo, Kamis 25/06

Kupang, Aktualita-ntt.com- Kunjungan Menteri Kominfo RI Johni Plate di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kabupaten Flores Timur, mendapat apresiasi hangat dari Anggota DPRD NTT, Alexander Take Ofong, S.Fil dan segenap masyarakat Flotim.

Pasalnya, Menkominfo Jhoni Plate langsung mendatangi beberapa desa terisolir atau yang memiliki keterbatasan akses infrastruktur di Kabupaten Flotim.

“Sebagai Wakil Rakyat NTT, saya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada Kaka Johni Plate, Menteri Kominfo RI, yang sudah mengunjungi NTT secara khusus ke Flotim, dengan turun langsung ke desa-desa yang sulit akses infrastrukturnya,” ungkap Alex Ofong, Jumat (26/6) malam.

Alex Ofong mengatakan, kunjungan Menkominfo RI kali ini, merupakan bukti kepeduliannya kepada masyarakat NTT, khususnya Flotim, yang masih banyak di antaranya hidup jauh dari akses internet.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Kominfo meresmikan pembangunan jaringan internet di Puskesmas Wolo di Kecamatan Demong Pagong, SMPN 1 Adonara Tengah, dan Kantor Desa Woloklibang Adonara Barat.

“Apa yang diresmikan Menkominfo adalah bagian dari kebijakan dan program strategis Presiden Joko Widodo, melalui Kemenkominfo, untuk membuka akses internet, terutama bagi masyarakat di daerah terkategori; terdepan, terluar dan terbelakang (3 T),” jelas Alex Ofong.

Anggota DPRD NTT Partai NasDem itu mengatakan, di wilayah Provinsi NTT, sudah 700 lebih titik jaringan internet yang dibangun, dari 7000 lebih jaringan internet yang dibangun di seluruh Indonesia. Lima di antaranya ada di Kabupaten Flores Timur.

Dan Menkominfo menjanjikan, akan menyelesaikan jaringan internet tersisa yang belum dibangun, baik di Flores Timur dan wilayah NTT lainnya dan Indonesia secara keseluruhan.

“Menurut Menkominfo, saatnya kita beralih dari pendekatan fisik ke pendekatan digital. Tranformasi Digital yang terjadi begitu cepat di era digital ini, memaksa kita untuk beradaptasi menjadi masyarakat digital (digital society),” jelas Alex Ofong.

Katanya, infrastruktur digital merupakan bagian dari infrastruktur dasar dan sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga infrastruktur digital, bukan lagi menjadi barang mewah. Akan tetapi digunakan secara bertanggung jawab.

Lanjut Alex Ofong, ada 3 (tiga) kecerdasan yang dibutuhkan untuk menggunakan infrastruktur digital, yang diharapkan Menteri Kominfo Johni Plate. Di antaranya, Pertama; Kecerdasan memanfaatkan dan mengoperasionalkan internet atau teknologi digital. Kedua; Kecerdasan spiritual. Adanya spiritualitas yang menjiwai setiap pengguna internet, agar menggunakannya untuk hal-hal yang berguna, produktif, tidak untuk penyebaran hoax, hate-speach, atau untuk mengakses situs-situs porno. Ketiga; Kecerdasan yang melahirkan 3 I, yaitu Inventor baru, Inovator baru dan Investor baru.

“Kaka Johni Plate berharap, agar dunia digital sungguh bermanfaat bagi penciptaan sumberdaya manusia (SDM) unggul dan peretas disparitas daerah, demi penyelenggaraan pembangunan yang berkeadilan,” pungkas Alex Ofong.

(Chele Kedang)