Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Gonzalo Pasti Jalan

KUPANG, AKTUALITA NTT

Arus laut selat Gonzalo, di Pulau Adonara (Flores Timur) diprediksi dapat menghasilkan listrik 200 MW, merupakan upaya untuk memenuhi target 35 MW program Presiden Joko Widodo. “Rencana itu pasti jalan, asalkan tarif listrik yang dipatok Tidal Brigde (Belanda) bisa dijangkau masyarakat,” kata Menteri ESDM ignasius Jonan, di Kalabahi, Sabtu (24/3).

 

Menurut Menteri Jonan, arus Gonzalo memiliki potensi besar dalam pengembangan pembangkit listrik Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Lanjut Menteri, selain NTT telah di tetapkan sebagai provinsi panas bumi dengan menghasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), juga terdapat arus laut  untuk pengembangan EBT.

 

Lewat pernyataan yang disampaikan Menteri Jonan dalam keterangan pers, di lokasi peresmian sumur bor dan PLTS itu, dikatakan pada prinsipnya Kementerian ESDM menunggu hasil studi dan usulan dari pengusaha Tidal Brigde untuk mengerjakan pembangkit listrik di selat Gonzalo.

 

Pembangkit listrik arus laut Gonzalo, di selat Larantuka, dapat menerangi sejumlah kabupaten di Flores. Dengan demikian, sebut Menteri Jonan, potensi listrik tersebut dapat meningkatkan ratio elektrifikasi di NTT. (Mic, Eman, Gusty, hms)