Keyakinan Viktory-Joss Di Negeri Danau Tiga Warna

ENDE, AKTUALITA NTT
Setelah menggebrak ujung Barat pulau Nusa Bunga dengan acara deklarasi di Labuan Bajo, lalu diteruskan dengan acara tatap muka dengan warga, mulai dari Ruteng, Borong, Kabupaten Manggarai Timur, hingga Kota Bajawa, Kabupaten Ngada. Hari ini, pasangan Viktory-Joss akan menyapa 10 ribu-an (sepuluh ribuan) massa di kota Ende, Negeri Danau Tiga Warna yang bersejarah. Menurut Honing Sanny yang adalah Sekretaris Umum Tim Pemenangan Paket Viktory-Joss, deklarasi akan dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, kader partai dan sekitar sepuluh ribu massa dan simpatisan.
Dari rangakian acara deklarasi sejauh ini, ada keyakinan bahwa dukungan masyarakat di wilayah Flores, untuk paket Viktory-Joss akan significan. “Paket ini pasti mendapat dukungan luas,” sebut Honing. Ia juga menambahkan,  bahkan di kandang para lawan tanding, seperti di Manggarai dan Ngada, paket berpakian khas putih-putih ini akan mendulang suara yang cukup. Karena dua tokoh ini, sebut dia, datang tanpa mengientifikasi diri dengan kelompok cultural tertentu. “Viktory-Joss adalah dua figur nasionalis yang melampaui sekat suku dan agama”.
 Menurut rencana, deklarasi di Negeri Danau Tiga Warna, Ende, akan dihadiri banyak tokoh lokal dan masyarakat. “Deklarasi paket VICTORY JOSS akan dilaksanakan siang ini di Lapangan Pancasila Ende. Sekitar sepuluh ribu orang akan hadir di lokasi deklarasi. Mereka hadir dari berbagai wilayah di Ende, ” beber mantan Anggota DPR RI ini dalam sambungan telepon dengan aktualita ntt,  Senin 29/1/2018, pagi.
Honing meyakini, di Ende, paket Viktory-Joss akan mendulang dukungan luas. Sebab, masyarakat sudah mengenal nama Viktor Laiskodat maupun Jos Nai Soi. Kehadiran sekitar 10 ribu orang, menjadi bukti bahwa paket ini tidak datang membawa sekat primordial tertentu. Sehingga masyarakat Ende akan menerima mereka sebagai pembawa harapan dan perubahan besar di NTT.
“Masyarakat yang hadir datang dari beragam latar-belakang. Mereka terdiri dari masyarakat umum, simpatisan, para kader partai pendukung, tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga tokoh adat.  Kita yakin, mereka juga antusias untuk bertemu dan mendengar langsung buah pikiran dan ide-ide cerdas dari dua tokoh ini,” imbuh Honing antusias.
Menurut dia, akan tampil di panggung, Cagub-Cawagub Viktor Laiskodat-Josef A Nae Soi, berkolaborasi dengan para pimpinan partai pendukung di Ende. Rencananya deklarasi akan dimulai pada pukul 13.00 WITA.
Berkaitan dengan road show selama sepekan terakhir di Flores, politisi kalem ini yakin bahwa Viktory-Joss akan mendapat dukungan significan di Flores. Bahkan dari antusiasme dan penerimaan masyarakat, bisa dibaca bahwa mereka senang dan bahagia dengan majunya Viktor dan Jos.  “Kami sangat yakin karena secara umum, dari sisi penerimaam dan antusiasme msyarakat sangat baik. Apalagi umumnya masyarakat ingin melihat dan mendengar langsung apa yg disampaikan paket ini.
Bahkan untuk wilayah yang menjadi basis para lawan tanding, Honing meyakini, paket Viktory-Joss akan merebut suara significan. “Kami optimis akan merebut suara signifikan di Manggarai dan Ngada. Kami sudah menargetkan jumlah tertentu dan itu menjadi rahasia tim,” tegas Honing. Keyakinan ini sebut Honing, didasarkan pada aura kedua figur ini, di mana Viktory-Joss memang sangat familiar dan lembut. Mereka juga saat akrab dan santai ketika bertemu menyapa  masyakat secara langsung. (Mic Bataona, Gucek Muda, Eman Terong)