Jalan Selatan Tetap Rusak, Camat dan Lurah Kerja Bakti

Sopir Anton Beraf dan para kondekturnya menimbun batu dan pasir di jalan Kali Wai Ma, Selasa (2/1/2018)

Aktualita-ntt.com-Jalan wilayah selatan Lembata Kecamatan Naguwutung yang rusak parah akibat diterjang banjir pada beberapa waktu lalu, belum diperbaiki secara baik.
Meskipun Camat Nagawutung, Lorens Ofong Lurah Lewoleba Selatan, Yos Boli Muda dan Kepala Desa Pasir Putih, Iso Sura bersama puluhan warga Desa Pasir Putih Mingar telah bergotong royong memperbaikinya pada beberapa hari kemarin.

Warga bersama camat dan lurah dengan peralatan apa adanya; cangkul, skop, dan linggis, mereka berusaha menimbun dan memperbaiki jalan yang putus akibat banjir. Sehingga kendaraan seperti mobil dan sepeda motor bisa melintas.

“Terima kasih bapa camat, lurah lewoleba selatan dan bapa desa, sudah bersama kami kerja bakti. Tapi jalan ini harus diperbaiki lebih baik. Ini baru awal, belum Bulan Januari, Pebruari pasti hujan lebih deras, dan jalan pasti lebih buruk,”ungkap Bedi Lebao, Senin (1/1/2018) kemarin.

Dalam pantauan Aktualita-ntt, Selasa (2/1/2018), jalan tersebut rusak akibat jembatan yang menghubungkan Desa Babokerong Baobolak dan Desa Pasir Putih dikerjakan asal-asalan. Sehingga banjir meluap dan mengalir ke badan jalan, mengikis kerikil dan tanah yang pernah ditimbun kontraktor abal-abalan hingga 3 kilometer. Akibatnya jalan tersebut berbatu, bergelombang, penuh kerikil dan banyak kubangan air.

Selain itu, beberapa titik jalan seperti di Kali Wai Ma, Desa Lolong, Tewawutung, dan Penikene kondisinya rusak dan sangat membahayakan para pengguna jalan.

“Jalan ini rusak parah dan lebih buruk dari kondisinya semula. Ini karena air meluap, dan jembatan dikerjakan tidak sesuai perencanaan. Kontraktor asal-asal kerja hanya mau cari untung,” kata Ocep Beraf dan warga lainnya.

Pisron Muda warga Mingar Wutunglolo berharap agar pemerintah daerah dan para anggota DPRD bisa menanggapi kondisi jalan ini dan segera memperbaikinya.

“Kita harap Pemda bisa tanggap dengan kondisi ini. Anggota DPRD coba bisa lebih pekah, jangan hanya janji saat kampanye. Kami tidak butuh semua itu, kami butuh bukti,” ungkap Pisron.
(Israel Lamaberaf)