Novanto Berjiwa Besar Iklaskan Munaslub Golkar

Aktualita-ntt.com,Kupang- Tertangkapnya Setya Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam dugaan kasus korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) memantik sejumlah respon publik.

Publik lalu mengeritik,mencemoh dan mengutuk perbuatan Novanto yang dinilai telah merugikan negara. Ada sebagian kecil yang mensesalkan bahkan memberi dukungan agar Novanto tegar dan membuktikan kesalahannya di hadapan hukum.

Dalam situasi terjepit itu, Novanto malah berjiwa besar agar DPP Golkar segera menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) menggantikan dirinya sebagai Ketua DPP Golkar dan Ketua DPR-RI.

“Kami dapat konfirmasi dari keluarga dan kalangan dekat Pak Novanto, bahwa Pak Novanto sudah bersedia mengundurkan diri baik dalam kapasitas sebagai ketua umum DPP Partai Golkar maupun sebagai ketua DPR-RI,”ungkap Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT, Melkiades Laka Lena di Swiss Belinn Kristal Hotel Kupang, Senin (4/12/2017) kemarin.

Kata Melki, pada prinsipnya DPD Partai Golkar NTT setuju digelarnya Munaslub sebagai cara penyelamatan terhadap Partai Golkar. Dan hal tersebut melalui keputusan pleno yang sudah disepakati.

“Jadi bukan DPD Golkar NTT menolak Munaslub seperti yang dikatakan bahwa dari 34 DPD, hanya DPD I Golkar NTT menolak diadakannya Munaslub. DPD Golkar NTT taat pada putusan pleno bersama seluruh ketua DPD I Golkar se-Indonesia dan DPP,” jelas Melki.

Dikatakannya, saat itu ada sejumlah DPD I Golkar, bersama salah satu kandidat ketua umum, bertemu Presiden Joko Widodo menyampaikan keinginan menggelar Munaslub menggantikan Novanto. Namun dirinya tidak mengikuti pertemuan tersebut.

“Kami memegang aturan main dan taat kepada keputusan yang disepakati bersama DPP yang sudah kita diambil melalui pleno dan disetujui 34 DPD I Partai Golkar se-Indonesia,” jelas Melki.

Menurut Melki, rencananya Munaslub Partai Golkar akan dipimpin langsung Setya Novanto.

“Nanti Pak Novanto akan memimpin langsung Munaslub. Apa pun yang dibuat Pak Novanto, tetapi beliau sangat berjasa telah memberikan kontribusi yang besar untuk Golkar NTT,” pungkas Melki. (Alvin Lamaberaf)